5 Aplikasi Photo di Blackberry Yang Layak Dimiliki

Salah satu fitur yang punya pengaruh besar bahkan seringkali menjadi pilihan utama bagi calon pengguna dalam memilih smartphone adalah kamera, dan aplikasi pendukungnya untuk menambah kemampuan kamera smartphone tersebut.

Meski tidak dihinggapi aplikasi foto populer yang banyak mencuri perhatian, Instagram, namun BlackBerry masih merupakan salah satu sistem operasi yang paling digunakan di tanah air.

Hal ini mungkin disebabkan oleh tujuan utama penggunanya bukanlah fotografi, melainkan untuk keperluan bisnis dan berjejaring sosial. Apalagi, kebanyakan smartphone BlackBerry tidak begitu mengandalkan fitur kamera dalam produk-produk yang dikeluarkannya. Namun begitu, ada juga sejumlah pengembang yang membuat aplikasi yang berhubungan dengan fotografi untuk Blackberry ini. Berikut ini diantaranya :

1. Picstory

Picstory Picstory layaknya sebagai pengganti Instagram yang tidak dikembangkan untuk sistem operasi Blackberry. Seperti Instagram, aplikasi ini memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk memajang hasil foto kamera Blackberry secara otomatis sebagai display picture BBM dan ke sesama pengguna Picstory di seluruh dunia. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas bagi para penggunanya untuk mengedit foto sebelum dibagikan ke jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

2. PicMix

PicMix
Seperti halnya Instagram dan Picstory, aplikasi ini menggabungkan fungsi foto editor dan pengalaman berjejaring sosial. Untuk urusan editing foto, aplikasi ini memungkinkan anda untuk memberi efek pada foto, menambahkan bingkai foto atau menuliskan catatan pada foto.

Terintegrasinya aplikasi ini dengan dua media jejaring sosial populer juga memungkinkan anda untuk mengupdate profil picture anda. Di PicMix, anda bisa melakukan semacam retweet pada foto yang Anda sukai agar pengikut anda juga dapat melihatnya, fitur ini disebut repost. Yang tak kalah menarik adalah aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit foto dengan resolusi yang cukup tinggi, yakni sampai dengan 720 x 720 piksel.

3. Photo Studio

Photo Studio
Photo Studio merupakan aplikasi foto editor yang sangat berguna bagi para pemula maupun profesional di bidang fotografi. Pengoperasiannya sederhana sehingga mudah dipelajari.

Tersedia pengaturan standar seperti menyesuaikan tingkat kecerahan (brightness), kontras, warna RGB, hue, saturation serta pengolahan bentuk foto seperti resize, rotate atau crop. Ada sekitar 115 pilihan efek yang terbagi dalam kategori seperti Simple toning, Old Style, Vintage, Summer mood, Sketch, Lomo, Blur dan Art.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur Color Splash Editor dimana pengguna dapat menghilangkan warna di beberapa bagian pada sebuah foto dan mempertahankan warna di bagian lainnya, misalnya pada obyek yang paling menarik pada foto tersebut.

4. BibbyCam

BibbyCam
BibbyCam adalah sebuah aplikasi untuk menambahkan filter pada foto Anda dan membagikannya. Aplikasi ini dilengkapi dengan 14 filter yang menarik, diantaranya Lomo, Old Photo dan Sunshine. Yang menarik, penggunakan dapat berkreasi membuat filter sendiri berkat fitur double filter.
Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti pada jejaring sosial semacam Facebook, dimana Anda dapat me-like dan memberi komentar pada gambar milik pengguna lain. Selain itu, aplikasi ini juga terhubung dengan Facebook, Twitter dan aplikasi andalan RIM, BlackBerry Messenger (BBM).

5. PhotoFunia

Aplikasi ini menggambarkan nama yang dimilikinya, yaitu menggabungkan foto dengan hal yang menyenangkan (fun).

PhotoFunia

Anda bisa memajang wajah Anda di sebuah billboard, perangko atau pop-art bergaya Warhol. Anda bahkan bisa tampil sebagai Monalisa atau seorang binaragawan. Secara total terdapat lebih dari 150 pilihan menarik. Pengguna tidak perlu repot melakukan cropping di area wajah, karena aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi wajah dan menempatkannya di area yang seharusnya.

3 comments :

  1. Replies
    1. You're welcome. Moga berguna buat anda. Pi ... ko' repost di blogx ga' dikasih backlink ya ...? :D

      Delete
  2. bisa request ngak gan, kalau bisa dibuat juga artikel untuk edit foto di android..

    ReplyDelete