Cara Mencetak Halaman Web Sesuai Kebutuhan / Menghemat Tinta dan Kertas

Mencetak Halaman Web Sesuai Kebutuhan = Menghemat Tinta dan Kertas

Seringkali saat kita mengunjungi sebuah situs di internet, ada artikel yang menarik. Tindakan yang seringkali kita lakukan adalah kilk kanan lalu Save page as, dan artikel itupun tersimpan dalam komputer kita. Namun bagaimana jika anda ingin membaca artikel tersebut di kemudian hari tanpa harus menghidupkan komputer ? Jawabannya adalah dengan mencetak artikel tersebut.

Mencetak halaman web secara langsung bukanlah sesuatu hal yang rumit, bahkan sangat mudah dilakukan. Pada menu browser internet anda (semisal Firefox) klik File > Print Preview. Jika ingin melakukan pengaturan pencetakan, pada jendela Print Preview tinggal kilk Setup, lalu lakukan pengaturan sesuai keinginan.

Umumnya, ketika kita ingin mencetak sebuah halaman web, yang paling kita inginkan untuk dicetak adalah konten artikelnya, jadi tidak termasuk header, footer, iklan, atau apapun yang ada dalam halaman web itu selain isi artikelnya, yang tentu saja akan menghabiskan banyak tinta dan kertas.

Ada tips mudah bagi anda untuk mencetak sebuah halaman web sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan menggunakan layanan dari PrintWhatYouLike, memungkinkan kita untuk mencetak artikel atau halaman web tanpa menyertakan header, footer, background, atau gambar-gambar yang tidak perlu lainnya.


Ikuti ulasannya berikut ini :
  1. Kunjungi alamat url: http://www.printwhatyoulike.com. Masukkan url (alamat web) artikel yang ingin anda print, lalu kik tombol Start. Atau anda bisa menggunakan Bookmarklet dari tool ini. Buka http://www.printwhatyoulike.com/bookmarklet, tarik (drag and drop) link PrintWhatYouLike ke tab Bookmark browser (bisa juga dengan klik kanan pada link, lalu pilih Bookmark this link). Selanjutnya, setiap kali akan melakukan print artikel/halaman web, tinggal klik tombol Bookmarklet tadi.
  2. Setelah itu, akan muncul halaman berisi 2 kolom. Kolom yang sisi kiri berisi parameter-parameter pengaturan untuk menyesuaikan komponen apa saja yang akan dicetak. Di panel ini kita juga dapat menambahkan beberapa halaman pilihan, bahkan kia dapat menyimpan halaman web dalam format HTML atau PDF. Ada opsi untuk menghilangkan gambar, background, dan margin kertas.


  3. Pada kolom sebelah kanan yang berisi halaman web, ketika anda menggerakkan kursor di dalamnya akan muncul kotak pembatas berwarna merah yang merupakan pembungkus elemen di dalam halaman. Dengan mengklik kotak pembatas tersebut, kita dapat menghapus, mengisolasi dan sebagainya dari elemen-elemen yang ada dalam halaman web tersebut. Intinya, memilih bagian mana saja yang perlu diprint dan membuang bagian-bagian yang tidak perlu.
  4. Setelah anda yakin elemen-elemen mana saja yang ingin anda cetak, klik pada area yang terseleksi dan pastikan area tersebut telah ditandai dengan kotak bergaris merah.
  5. Akan muncul sebuah toolbar kecil dengan beberapa pilihan berikut ini :
    Isolate = untuk mengisolasi bagian-bagian yang dipilih dan menghapus bagian yang lain
    Remove = menghapus elemen yang diklik
    Widen = memperluas elemen yang diseleksi.
    Resize = fungsinya seperti Widen, tetapi dengan kontrol lebih besar atas arah dan ukuran.
    Save Clip = jika anda memiliki akun di PrintWhatYouLike.com, anda dapat menyimpan klip.
    Select More = memungkinkan anda memilih lebih dari satu elemen pada halaman.
  6. Bila sudah siap, klik pada tombol Print di panel sebelah kiri layar.
  7. Muncul kotak dialog Print, pilih printer yang akan digunakan, lakukan pengaturan sesuai kebutuhan, lalu klik Print.

Selamat mencoba ... !

2 comments:

  1. kalau ingin membuat icon print dihalaman web gimana ya?

    ReplyDelete
  2. wah bagus gan artikelnya ,
    berguna bagi saya yang lagi proses belajar hehe
    sukses selalu

    ReplyDelete