Terungkap: Apple Rilis Super-Slim Retina Display MacBook 12 inch

Pihak Apple akhirnya merilis sebuah MacBook anyarnya yang memiliki lebar layar 12 inci dengan mengandalkan fitur super slim dan Retina Display, yang diklaim mampu menghemat daya hingga 30%, serta mendapat dukungan resolusi sebesar 2.304 x 1.440 piksel dengan edge to edge cover glass, selain itu laptop ini memiliki ukuran yang tipis, yakni hanya 13,1 milimeter yang berarti 24 persen lebih tipis dari MacBook Air 11 inci serta memiliki berat hanya 2 pound atau sekitar 0,9 Kg.

Apple Rilis Super-Slim Retina Display MacBook 12 inch
Phil Schiller, Kepala divisi pemasaran Apple di seluruh dunia mengatakan bahwa MacBook terbaru ini adalah "notebook paling ekstrim dan efisien yang pernah ada," berkat peningkatan kinerja keyboard, baterai, konektor power, dan lainnya.

Schiller juga menerangkan tentang peningkatan Keyboard. Secara tradisional, papan tombol pada laptop bergerak dengan mekanisme engsel gunting, menekan pada bidang yang anda ketik. Dengan MacBook baru ini, bagaimanapun, Apple mengembangkan apa yang disebut "mekanisme kupu-kupu," yang diklaim oleh Schiller empat kali lebih stabil daripada mekanisme gunting. Keyboard ini juga memiliki bentuk yang 40 persen lebih tipis dari laptop kebanyakan.

"Tombol-tombolnya jauh lebih presisi dan akurat, bahkan jika Anda menekannya pada bagian sampingnya," tegas Schiller.

Pada sisi trackpadnya juga mendapatkan upgrade. Di bawah lapisan kaca, permukaan multi-touchnya adalah empat "force sensors" yang menggabungkan tap-centric feedback seperti yang Anda temukan pada perangkat Apple Watch.

Klik di manapun pada trackpad dan dapatkan perasaan yang sama persis, dan dapat disesuaikan untuk mendapatkan setelan keras atau lembut. Sementara itu, trackpad akan merespon berbagai macam tekanan, dari tekanan tombol yang paling lembut sampai yang lebih keras, yang disebut Apple "force click".

Untuk port sambungannya, MacBook 12 inci ini hanya tersedia port USB-C yang akan menjadi sebuah port multi fungsi. Dengan port USB-C ini, tidak hanya berfungsi sebagai USB tradisional saja, tapi pengguna dapat mengisi daya, DisplayPort, VGA, memindahkan data dan menghubungkannya dengan konektor HDMI. Pihak Apple hanya fokus untuk konektivitas nirkabel, seperti melalui WiFi ataupun Bluetooth pada perangkat terbaru ini.

Tapi berapa lama laptop ini bisa bertahan ? Schiller mengungkapkan bahwa baterai berlapis model terbaru ("bertingkat, sel baterai berkontur") yang didistribusikan ke seluruh bingkai ramping MacBook untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Ini jauh lebih efisien, yang memungkinkan untuk menampung baterai hingga 35 persen lebih banyak pada ruang yang sama. MackBook ini menjanjikan ketahanan baterai sepanjang hari - sembilan jam untuk pemakaian internet wireless, dan 10 jam untuk pemutaran film iTunes.

Laptop baru ini juga akan menjadi MacBook pertama yang tidak menggunakan kipas. Menghapus komponen yang memungkinkan untuk logicboard terpadat yang pernah ada pada MacBook; 67 persen lebih kecil dari yang ada di MacBook Air 11-inch. "Ini gila," kata Schiller.

Pada MacBook baru ini telah disematkan 802.11ac Wi-Fi dan Bluetooth 4.0. Untuk memaksimalkan ruang, ada juga port tunggal untuk beberapa sambungan: power, USB, DisplayPort, VGA, dan HDMI. Apple telah menerapkan standar baru, USB-C, yang memberikan sambungan melalui kabel reversible USB-C yang dikatakan ukurannya sepertiga dari USB standar.

Apple juga melakukan upgrade pada jajaran produk Mac. MacBook Air akan mendapatkan update generasi kelima dari prosesor Core i5 dan Core i7 serta Thunderbolt 2. MacBook Pro 13-inch juga akan mendapatkan upgrade trackpad model baru seperti pada MacBook terbaru, prosesor Core i5 dan Core i7 yang lebih cepat, serta daya tahan baterai yang lebih lama.

Apple MacBook terbaru ini diperkirakan akan rilis pada 10 April dengan pilihan warna perak, space gray, dan emas. Laptop terbaru ini rencananya akan dilepas di kisaran harga $ 1299 untuk seri 1.1GHz dual-core Intel Core M processor, Intel HD Graphics 5300, memori 8GB, dan 256GB SSD, $1599 untuk tipe 1.2GHz dan SSD 512GB.


(Sumber video : PCMag)

0 comments :

Post a Comment