Tips Cara Mengetahui Jumlah Kata Dalam Suatu Dokumen Microsoft Word

Pada satu ketika, saat anda sedang mengerjakan tugas kuliah atau tugas kantor dengan menggunakan Microsoft Word, mungkin Anda perlu untuk mengetahui berapa jumlah kata yang sudah diketik atau jumlah kata yang ada pada suatu dokumen. Pasti akan sangat memusingkan bagi anda untuk mengetahui jumlahnya secara pasti. Apalagi jika dilakukan dengan cara manual, yaitu menghitung satu per satu jumlah kata dari keseluruhan isi dokumen.

Kalau dokumennya pendek sih tidak masalah (berisi satu paragraf dan terdiri dari sekitar 100 kata). Tapi kalau dokumen itu berisi puluhan halaman yang terdiri dari ribuan / puluhan ribu kata, akan sangat melelahkan bukan ?

Tapi jangan cemas, karena anda dapat memanfaatkan fasilitas word count pada Word 2007 atau Word 2010 dan menampilkannya pada Field, sehingga isinya dapat selalu terupdate.

Untuk panduan penggunaannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Tempatkan kursor dimana Field akan ditampilkan. Klik tab Insert, kemudian pada grup Text, klik Quick Parts > Field.

  2. Tips Cara Mengetahui Jumlah Kata Dalam Suatu Dokumen Microsoft Word

  3. Sekarang pada jendela Field yang muncul, lihat pada bagian Field name di samping kiri, kemudian cari dan pilih opsi NumWords.


  4. Pada bagian Format, anda dapat memilih tampilan angka sesuai kebutuhan. Lalu klik OK.
  5. Kini dapat dilihat pada dokumen jumlah kata akan ditampilkan pada Field yang telah dibuat. Untuk menghapusnya pun gampang, cukup highlight (diblok) dan tekan Del.


  6. Untuk mengupdate jumlah word count (memperbarui jumlah kata setelah dilakukan pembaruan pada dokumen), klik kanan saja pada Field lalu pilih opsi Update Field.


  7. Dapat dilihat bahwa jumlah kata yang ada telah berubah.


Dengan menggunakan fitur Field ini, anda tidak hanya dapat mengetahui jumlah kata dalam suatu dokumen saja, tetapi anda bias mengetahui jumlah huruf, jumlah halaman, menyisipkan nama file, menyisipkan ukuran file, dan masih banyak lagi.

Selamat mencoba dan berkesperimen !.

0 comments :

Post a Comment