Microsoft Digits, Mengontrol Komputer dan Perangkat Mobile Hanya Dengan Menjentikkan Jari Tangan

Bayangkan, betapa kerennya jika anda dapat mengontrol komputer anda hanya dengan perangkat input yang telah diberikan oleh Tuhan ? Dengan teknologi yang makin berkembang, bukan tidak mungkin di masa mendatang segala sesuatu bisa dilakukan serba "tanpa". Mengetik bisa dilakukan "tanpa" harus menekan tus keyboard. Menerima panggilan telepon pun "tanpa" harus susah-susah memegangnya dengan tangan. Bahkan, mengubah channel TV dengan remote pun mungkin bisa dilakukan hanya dengan menjentikkan jari anda. It's like a magic.

Penelitian baru dari Microsoft Research Cambridge dan Newcastle University setidaknya mampu melahirkan prototipe yang menunjukkan bahwa konsep tersebut sangat mungkin bisa dilakukan. Mereka sedang mengembangkan Digits, sebuah sensor interaksi 3D yang mampu membuat seseorang bisa melakukan kontrol pada komputer, handphone, dan lain-lain hanya dengan menggunakan isyarat tangan. Alat ini nantinya dipasang pada pergelangan tangan layaknya jam tangan.

Prototipe ini memungkinkan penggunanya hanya dengan tangan kosong bis amenyentuh, berinteraksi, dan mengontrol benda-benda fisik di sekitarnya. Tak hanya itu, Microsoft Digits mampu membuat penggunanya berinteraksi dengan virtual object di ruang 3D.

Microsoft Digits ini dilengkapi dengan kamera infra merah dan sejumlah software pendukung yang bisa menangkap setiap pergerakan atau gesture tangan si pengguna, kemudian menciptakan sebuah model 3D dari tangan itu. Model 3D tersebut nantinya mampu merespons gerakan atau gesture ujung jari pengguna.

Microsoft Digits, Mengontrol Komputer dan Perangkat Mobile Hanya Dengan Menjentikkan Jari Tangan

Menurut salah seorang peneliti di Microsoft Digits, prototipe tersebut nantinya bisa didesain sebagai arloji yang digunakan sehari-hari dengan nyaman oleh penggunanya. Hanya dengan menjentikkan jari tangan, pengguna bisa mengoperasikan aplikasi-aplikasi pada smartphone miliknya. Mulai dari menerima telepon, menolak telpon, mengganti playlist musik, hingga mengecilkan volume smartphone. Hingga saat ini, Microsoft Digit masih dalam proses pengembangan.

Exciting times lie ahead for us as the future of computing is knocking on our doors. The days of physical input devices like the keyboard and mouse seem to be numbered.

0 comments :

Post a Comment