5 Aplikasi Gallery Lock Android Untuk Melindungi Foto dan Video Pribadi Anda

Gallery merupakan aplikasi bawaan / default yang digunakan sebagai tempat penyimpanan file-file foto maupun video pada perangkat Android. Masalahnya, kadang terdapat satu atau beberapa file pribadi yang tidak anda inginkan untuk diketahui oleh orang lain. Ketika smartphone atau tablet anda dipinjam oleh teman, dan jika teman anda tersebut iseng, bisa saja file tersebut dilihat bahkan disalin oleh teman anda. Menjengkelkan bukan ?

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan berbagai aplikasi Gallery Lock yang memiliki fitur untuk memberikan proteksi pada Gallery, sehingga hanya anda sendiri yang dapat mengaksesnya. Berikut adalah 5 aplikasi gallery lock Android untuk melindungi foto dan video pribadi anda  :

1. Gallery Lock Lite

5 Aplikasi Gallery Lock Android Untuk Melindungi Foto dan Video Pribadi Anda Proteksi yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah dengan menggunakan password. Setelah password diaplikasikan, maka baik foto atau video akan disembunyikan dan tidak terlihat. Selain itu, anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi ini dari app drawer. Penggunaannya pun mudah karena tampilannya user friendly. Terdapat pengaturan interval waktu agar proses penguncian dapat berjalan secara otomatis. Missal setelah waktu 20 menit, maka Gallery akan langsung terkunci.

2. Private Gallery - Encrypt Photo

Jika beberapa aplikasi lain melindungi file dengan password, maka aplikasi ini justru mengandalkan algoritma enkripsi sebagai langkah pengamanan. Menariknya lagi, untuk mengakses aplikasi ini, anda harus menginputkan nomor tertentu yang berfungsi sebagai password melalui Dialer. Tetapi tentunya anda harus mengaktifkan fungsi ini melalui menu settings terlebih dahulu. Tersedia juga fitur Private Camera, dimana anda dapat mengambil foto, tetapi nantinya tidak akan ditampilkan di Gallery, melainkan foto akan dienkripsi terlebih dahulu. Dengan proteksi enkripsi, tidak hanya melalui Gallery saja yang aksesnya dibatasi, melainkan juga bila teman anda mencoba mengakses langsung melalui SD Card.

3. Gallery Lock

Selain password, metode pengamanan yang digunakan adalah Pattern Lock. Jika anda lupa, maka dapat beralih ke password. Terdapat juga mode Stealth yang dapat menyembunyikan ikon Gallery Lock sehingga tidak akan ditampilkan di app drawer. Lalu, untuk pengamanan, aplikasi ini memungkinkan anda untuk memberikan kuncian pada folder secara individu, sehingga berbeda dengan aplikasi lain yang secara otomatis akan memproteksi semua folder yang ada. Terdapat juga fasilitas untuk melakukan recovery foto ketika masalah muncul, yaitu ketika anda melakukan uninstall aplikasi, dan folder yang terproteksi justru tidak muncul kembali di Gallery.

4. Safe Gallery Free (GalleryLock)

Salah satu catatan yang harus diperhatikan dalam menggunakan aplikasi ini adalah ketika anda ingin meng-uninstal-nya, maka pastikan proteksi aplikasi sudah dibuka. Jika tidak, maka semua file yang ada di Gallery akan hilang selamanya. Untuk melakukan recovery: Safe Gallery Reinstall > Setting > Lock Media Recovery
Untuk proteksi, aplikasi ini menggunakan kombinasi dari beberapa aplikasi lainnya, yaitu password dan PIN berikut dengan opsi untuk mengakses langsung melalui dialer. Dengan dialer itu anda dapat mengakses cepat aplikasi Safe Gallery Free dengan menekan nomor #789.

5. PhotoSafe - Gallery Photo Hide

Anda dapat dengan cepat memilih folder atau file yang akan diproteksi karena aplikasi ini mendukung fitur multi select. Setelah itu sembunyikan file dan proteksi menggunakan password. Proses pemroteksian dilakukan langsung melalui Gallery. Tetapi bila ingin mengakses cepat, maka gunakan dialer dan inputkan angka 2222 kemudian inputkan password. Foto dan video privat disimpan di direktori sdcard/vaultypro/camera/videos. Oh ya, aplikasi ini memiliki ukuran terkecil di antara aplikasi lainnya.

6 comments :

  1. maaf gan sy td cb dwnload app yg no 5.
    Trus sy pake buat ngehide foto n vdeo sy.
    Stlh itu app kq hilang .?
    Tp msh ada datax yg memakn ruang memori hp.
    Mau mengembalikan g bs.. org lenyap bserta aplikasinya.
    Mohon bntuanya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Gan, saya make safe gallery free, data yg udah dilock kok masih ada ya digalery?
    Hp saya galaxy grand prime. Bantuin dong :)

    ReplyDelete
  3. Pake gallery lock aja gan....mantaap deh

    ReplyDelete
  4. Kalo mau ngembalikan foto yg kehapus di gallery lock gmna gan?

    ReplyDelete
  5. Super sorry, saya belum pernah menggunakan Gallery Lock, tapi di blog sebelah ada yang kasih tahu gini:
    1. Pilih Pengaturan di Gallery Lock, dan kemudian tap "Cari/Pulihkan File yang hilang" di menu.
    2. File yang hilang akan dipulihkan ke path, /mnt/sdcard/DCIM/recover.
    Saya juga belum tau sih, apakah cara ini bisa berhasil atau nggak. Lain kali akan saya cari tahu. Maaf yaaa ...

    ReplyDelete
  6. Ada 5 aplikasinya, jadi bingung pilih yang mana. Ada rekomedasi yg paling bagus mana gak min?

    ReplyDelete